Pergi, Jangan Mulai Bermimpi

Terlalu pagi untuk mengucapkan selamat pagi

Terlalu pagi untuk menggedur pintu rumah matahari

Masih terlalu pagi untuk memaksanya keluar dengan wajah berseri

Masih terlalu pagi untuk matahari

Tak tampak orang bergegas bangun untuk lekas mandi

Atau sekedar meretas mimpi, pergi ke luar mematikan lampu teras

Ah sudahlah tak perlu aku begini lekas

Masih terlalu pagi aku tahu pasti

Kalau begitu kuputuskan tidur lagi

Baru setengah terpejam mataku ketika suara itu datang

Suara yang merangkul banyak kata-kata sunyi diselimuti terang

Katanya “Ini bukan lagi malam untuk terpejam”

“Bintang tidak lagi terang seperti petang” lanjutnya

“Malam sunyi sudah pergi, jangan mulai bermimpi “

Sudah tidak terlalu malam untuk ucapkan selamat malam

Terlalu pagi untuk pagi, tidak terlalu malam untuk malam

Terlalu lelah untuk pergi, terlanjur duduk dalam muram

“Pagi atau malam ini, di dalam kamar bercat hijau putih, wajahmu yang wujudnya bayangan entah sudah berapa kali singgah di sini.

Aku lelah lama kelamaan pasrah.

Aku kesal tapi akhirnya jadi kebal. Bayanganmu ini ada berapa sebenarnya? Satu? Sepuluh? Sejuta? Sepuluh juta? Tak terhingga juta? Aku agak tak peduli.

Baiknya aku nikmati saja tiap partikel yang kau cipta.

Bayanganmu menebar surga yang kusebut cinta, selepasnya muncul sebuah tanya.

Apa benar ini indah yang nyata? Begitu indah pikirku, hingga saatnya kita berpisah.

Aku dan bayanganmu berpisah.

Aku menangis tanpa terpikir kau begitu sadis. Bagaimana tak sadis?

Aku mengizinkan tiap bayangmu singgah dan berbaring terlalu sering.

Tapi kamu? Pernahkah kau izinkan bayangan ku mampir untuk sekedar menebar memori yang tak kau bawa pergi.

Bahkan bayanganku tak pernah bersua kau

walau hanya sampai depan jendela?”

Leave a Reply

