Empat Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Orang-Orang Ketika Tahu Saya Berkuliah di Program Studi Belanda

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

“Kenapa masuk jurusan sastra koloni?”

 “Mau jadi apa kalau sudah lulus nanti? Denger denger lulusan FIB paling banyak yang nganggur…”

 “Kapan ke Belanda?”

 “Nggak bosan belajar bahasa Belanda? Kenapa ngga kursus aja?”

and again… “Kalau lulus mau kerja di mana?”

Lucu memang kalau melihat kenyataan bahwa ternyata masih ada saja orang yang begitu peduli pada kehidupan yang saya jalani. Entah itu namanya peduli atau mulut mereka iseng sekali. Tapi saya tak pernah ambil pusing karena saya tahu bahwa apa yang saya jalani merupakan tanggung jawab saya sendiri. Sejauh ini saya merasa tak pernah lari dari tanggung jawab yang saya miliki.

Akan tetapi sepertinya banyak sekali yang masih penasaran tentang studi yang saya pilih. Oleh karena itu lewat posting-an ini, akan saya jawab pertanyaan di atas satu per satu.

circled_digit_one_u2460_icon_256x256

“Kenapa masuk jurusan sastra koloni?”

Jawaban paling jujur yang bisa saya berikan adalah: Karena saya tidak bisa masuk ke Fakultas Hukum UI. Untuk pertanyaan ini saya tidak akan memberikan alasan atau pembenaran dalam bentuk apapun. OK? Bhay…

number2c

“Mau jadi apa lulusan Prodi Belanda kalau sudah lulus nanti? Denger denger lulusan FIB paling banyak yang nganggur…”

Nah untuk pertanyaan ini saya tidak akan memberikan list pekerjaan yang bisa dilamar oleh lulusan S1 dari Program Studi Belanda karena faktanya lulusan Prodi Belanda tersebar di mana-mana. Mulai dari media, perbankan, dan perusahaan-perusahaan lain yang tidak akan terbayangkan akan diisi oleh lulusan sastra dan linguistik Belanda seperti kami ini. Berbicara mengenai pekerjaan memang masalah passion masing-masing. Tidak semua orang yang kuliah di jurusan ini benar-benar ingin berada di jurusan ini. Karena itulah ketika mereka lulus dengan segera mereka mencari pekerjaan di bidang yang memang mereka sukai. Tidak sedikit juga lulusan Prodi Belanda yang masih setia bekerja di bidang bahasa seperti menjadi guru les Belanda, guru di sekolah internasional (baik Belanda maupun bukan Belanda), atau menjadi dosen di Program Studi Belanda.

Masalah menganggur atau tidak sepertinya tidak ada hubungannya dengan fakultas yang kita ambil. Kalau orang itu memang punya usaha untuk mencari uang dan bekerja tentu saja ia tidak akan jadi pengangguran. Apalagi lulusan s1 dari universitas ternama seperti UI. Kita hanya perlu mengingat bahwa hidup ini terdiri dari berjuta-juta posibilitas. Itu berarti sangat banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa kita pilih dalam hidup. Setuju?

number3

“Kapan ke Belanda?”

Pertanyaan ini memang terdengar agak meledek seolah-olah saya belajar di jurusan ini hanya untuk menginjakkan kaki di Belanda. Bahkan salah satu teman saya selalu mendapat pertanyaan ini ketika orang di sekelilingnya tahu teman saya berkuliah di Prodi Belanda.

“Kuliah sastra Belanda? Mau ke Belanda ya?”

_57c8a1a431a592af806925e57258202f

Program Studi Belanda UI memang menawarkan beasiswa Kursus Musim Panas ke Belanda (Zomercursus) kepada mahasiswa-mahasiwanya. Syaratnya? Mahasiswa tersebut harus mendapat setidaknya nilai yang baik pada mata kuliah Bahasa Belanda Terpadu (FYI mata kuliah bahasa di Prodi Belanda terdiri dari Bahasa Belanda 1-6). Selain itu mahasiswa tersebut harus berhasil mendapat sertifikat bahasa Belanda CnaVT PMT atau setaraf kemampuan berbahasa B1. Di samping itu, mahasiswa juga harus mengikuti program Kursus Musim Panas tiap tahun yang diselenggarakan di Erasmus Taalcentrum Jakarta selama dua tahun berturut-turut dan tentunya pertimbangan-pertimbangan lain dari dosen Prodi Belanda.

z

Beasiswa ini meng-cover hampir semua biaya mulai dari tiket pesawat, akomodasi, sampai uang saku. Tahun 2014 lalu saya dan empat teman saya berangkat ke Zeist Belanda untuk mengikuti program ini. Di sana selain kami bisa mempraktekkan semua ilmu yang telah kami pelajari di kampus, kami juga bisa berkenalan dengan banyak pelajar bahasa Belanda lain dari seluruh dunia. Sungguh pengalaman yang menyenangkan!

circled_digit_four_u2463_icon_256x256

“Nggak bosan belajar bahasa Belanda? Kenapa ngga kursus aja?”

Pertanyaan ini yang berhasil membuat saya galau di tahun kedua studi saya. Kalau dipikir-pikir memang aneh rasanya kalau saya harus menghabiskan waktu bertahun-tahun belajar bahasa Belanda sementara bisa saja saya mengambil kursus bahasa yang hanya menghabiskan waktu tidak lebih dari empat tahun.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu saya sadar bahwa di jurusan ini saya tidak hanya belajar bahasa Belanda saja. Ada banyak mata kuliah yang ditawarkan oleh jurusan ini mulai dari mata kuliah yang berhubungan dengan sastra, linguistik, sejarah, seni dan bangunan, hingga budaya dan masyarakat Belanda. Mahasiswa di jurusan ini memang dituntut tidak hanya bisa berbahasa Belanda dengan baik tetapi juga mampu menguasai pengetahuan lain yang berhubungan dengan Negara Kincir Angin ini.

Yaaa semoga jawaban saya akan empat pertanyaan di atas mampu memuaskan rasa penasaran orang-orang yang masih bertanya-tanya mengenai studi yang saya pilih. Selain itu untuk para siswa/i SMA yang hendak lulus dan berminat masuk ke Prodi Belanda semoga penjelasan di atas bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan. Yang jelas kuliah di sini lebih banyak sukanya dibanding dukanya!

Groetjes…

4 thoughts on “Empat Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Orang-Orang Ketika Tahu Saya Berkuliah di Program Studi Belanda

  1. haii hehehe, pengen nanya kak, saya kan kelas 2 SMA pengen masuk sastra belanda di UI persiapan pertama yg harus saya lakukan apa ya? banyak-banyak mengetahui kosah kata belanda atau bagaimana? terima kasih

    • Persiapan untuk awal kuliah sebenernya ngga terlalu penting sih Anggita karena semua mahasiswa Prodi Belanda pasti mendapat pendidikan bahasa Belanda dari dasar banget. Tapi kalau kamu mau belajar bahasa Belanda duluan sebelum masuk kuliah juga bagus banget kok. Waktu itu sih aku sebelum masuk kuliah belajar sendiri kosa kata sederhana kayak angka atau kata ganti orang. Banyak kok ulasan belajar Belanda di internet.
      Sukses ya!

    • Persiapan untuk awal kuliah sebenernya ngga terlalu penting sih Anggita karena semua mahasiswa Prodi Belanda pasti mendapat pendidikan bahasa Belanda dari dasar banget. Tapi kalau kamu mau belajar bahasa Belanda duluan sebelum masuk kuliah juga bagus banget kok. Waktu itu sih aku sebelum masuk kuliah belajar sendiri kosa kata sederhana kayak angka atau kata ganti orang. Banyak kok ulasan belajar Belanda di internet.
      Sukses ya!

Leave a Reply

